Home » , » Pengertian Shortener URL

Pengertian Shortener URL

Written By Admin on Wednesday, June 25, 2014 | 11:42 PM

Apa Arti Shortener URL?

Shorter berasal dari short yang artinya singkat atau pendek. Jadi kalau shorter bisa diartikan pemendek atau penyingkat. Sedangkan URL menurut saya adalah alamat web yang biasa ditulis http://www.namaweb.com atau sejenisnya. Tapi itu menurut saya, namun tidak bijaksana kalau pengertian itu dijadikan rujukan, karena saya bukan ahlinya, saya hanya orang yang baru belajar membuat blog, semoga yang saya lakukan memberikan manfaat kepada orang lain. Untuk itu saya akan berikan beberapa definisi dari shorter URL yang saya kutip dari situs yang bisa dijadikan referensi untuk anda. Simaklah uraian berikut :



Definisi Shortener URL

Menurut hasil pencarian saya, telah mendapat definisi dalam bahasa Inggrisnya. Tapi, tidak apa-apa karena saya sudah menerjemahkan melalui translater google, dan saya melihat artinya sepedan dengan yang saya maksudkan di atas.

Wikipedia Versi Inggris mengatakan URL shortening (Shortener URL) adalah teknik di World Wide Web di mana Uniform Resource Locator (URL) dapat dibuat secara substansial lebih pendek dan masih mengarahkan ke halaman yang dibutuhkan. Hal ini dicapai dengan menggunakan HTTP Redirect pada nama domain yang singkat, yang menghubungkan ke halaman web yang memiliki URL yang panjang. 

Sebagai contoh, URL "http://en.wikipedia.org/wiki/URL_shortening" dapat disingkat menjadi "http://tinyurl.com/urlwiki". Hal ini sangat nyaman bagi teknologi messaging seperti Twitter dan Identi. Cara ini sangat membatasi jumlah karakter yang dapat digunakan dalam pesan. URL pendek memungkinkan alamat web yang panjang, harus dirujuk ke dalam tweet. Pada bulan November 2009, link singkat dari layanan URL shortening Bitly yang diakses 2,1 miliar kali.


Kegunaan Shortener URL

Masih dalam sumber yang sama, Kegunaan dari URL shortening adalah untuk "mempercantik" link, melacak klik, atau menyamarkan alamat yang mendasarinya. Meskipun menyamarkan alamat yang mendasari mungkin diinginkan untuk alasan bisnis atau pribadi yang sah, itu terbuka untuk penyalahgunaan dan untuk alasan ini, beberapa penyedia layanan pemendekan URL telah menemukan diri mereka di blacklist spam, karena penggunaan layanan redirect mereka dengan situs mencoba untuk memotong mereka blacklist yang sama. Beberapa situs web mencegah  URL pendek diarahkan dari yang diposting.

Namun, menurut saya, Shortener URL itu sangat saya sukai. Sebagai pemula saya memiliki sebuah blog yang menyediakan beberapa tutorial yang perlu didownload oleh pembaca, maka link download tersebut saya perpendek melalui situs shortener tadi. Hasilnya, setiap kali orang memasuki link tersebut saya akan dibayar oleh pemilik shortener karena secara tak sengaja orang yang melakukan download tersebut sudah melihat iklan yang ditampilkan oleh shortener itu.


Berapa Pemasukan (Penghasilan) Melalui Shortener URL ?

Sebagai pemula, saya beritahukan bahwa blog saya hanya memiliki 100-200 pengunjung perhari, katakanlah yang melakukan download melalui shortener itu separuh, ya... rata-rata saya mendapatkan pendapatan Rp....... (berapa ya?) malu saya katakan, pastinya cukuplah untuk beli rokok.

Akan tetapi jika dilihat blog para master blogger, mereka bisa meningkatkan pengunjung dengan Trik-Trik SEO nya hingga 3000-5000 pengunjung sehari. Saya tidak sanggup bayangkan penghasilan mereka. Dan rata-rata mereka bukan orang jenius-jenius sekali juga, hanya saja mereka lebih tekun belajar. Karena memang ada trik-trik khusus untuk meningkatkan pengunjung ke blog.


Apa-apa Saja Jenis Shortener URL?

Yang pasti sangatlah banyak. Jika anda seorang blogger pasti membutuhkan shortener yang bisa membayar anda lebih mahal. Anda harus rajin mencari informasi yang mana di antara mereka yang memiliki hati lapang untuk anda. Ada puluhan bahkan ratusan shortener yang ada di dunia maya ini, akan tetapi saya hanya memakai dua buah saja yang lazim orang pakai, yaitu adf.ly dan short.st.

Di antara kedua itu saya sedikit lebih dekat dengan short.st karena short.st lebih besar bayarannya dibandingkan dengan adf.ly (itu menurut saya). Anda bisa membandingkan sendiri nantinya.

Berikut ini ada beberapa Shortener yang sering saya jumpai :

  • Adf.ly
    Anda boleh mencobanya dengan mendaftarkan DI SINI.
    Oya, jika anda telah berhasil mendaftarnya, maka anda dibolehkan untuk mensponsori teman anda dengan mengajak untuk bergabung juga. Cara ini sangat mudah sekali dengan cara memberikan URL refferal untuk teman anda. Begitu teman anda mendaftar melalui link refferal anda, mana anda tinggal tunggu fee saja dari pemilik shortener. Semakin besar pemakaian refferal anda semakin besar pula pengasilan anda. Intinya, shortener ini bukan saja memberikan keuntungan dari usaha sendiri melainkan juga hasil keringan orang lainpun dapat kita nikmati tanpa mengurangi keuntungan yang dihasilkan teman yang kita ajak tersebut. Kalau anda masih belum paham bacalah Cara Mencari Uang dengan Adf.ly
  • Short.st
    Kalau untuk daftar short.st klik DI SINI
    Cara mendaftarnya tidak sulit juga, sama seperti adf.ly, jika masih belum paham bacalah Cara Mencari Uang dengan Short.st
  • Dan masih banyak shortener lainnya, lain kali akan saya paparkan juga di sini


Apakah tanpa Membuat Blog juga Bisa Mendapatkan uang ?

Siapa bilang tanpa membuat blog tidak dapat menghasilkan uang di internet? Shortener URL ini tidak ada saling kait dengan blog buatan kita. Terserah anda mau copy dan pastekan di mana anda suka, mau paste-kan di facebook, twitter, atau media jejaring sosial lainnya. Bebas anda bertindak yang penting semakin besar orang membaca melalui link yang dihasilkan oleh shortener maka semakin besar pula keuntungan dan pendapatan anda.

Itulah yang bisa saya berikan, mudah-mudahan dapat memberi manfaat untuk saya dan anda.
Share this article :

6 comments:

  1. yang di maksud Gen D dan cara menggunakannya gimana gan...

    ReplyDelete
  2. URL shortening is a technique to convert a long URL (site or page address) to a shorter version. This shorter version of the URL is usually cleaner and easier to share or remember. When someone accesses the shortened address, the browser redirects to the original (large) url address. It is also called URL redirection or URL redirect.
    bitly

    ReplyDelete
  3. mantap infonya bisa di praktekin juga www.goletilmu.xyz

    ReplyDelete
  4. Nama saya wassiuddin yang mengelola Portal blog pribadi salah satunya adalah wasimaf.wordpress.com yang menyajikan konten pendidikan, kesehatan, bisnis dan blogger untuk pemirsa yang menyukai dan setia membaca karya wasimaf sepanjang waktu. Wasimaf hadir dengan tampil beda dengn yang lain dengan menggunakan metode penyampaian yang mudah dimengerti oleh anak muda maupun orang tua sekalipun.

    Istilah shortlink dan safelink sudah dikenal oleh beberapa blogger. Kedua hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi kerja beberapa blogger. Terutama blogger yang fokus pada konten yang diunduh (unduhan blog). Fungsi Safelink blogger sebenarnya sama, perbedaannya hanya pada cara kerjanya. Berikut ini adalah komentar tentang pemahaman dan perbedaan antara dua hal.

    Diantara layanan yang diberikan oleh "Safelink Blogger" adalah sistem pembayaran secara Cost Per Miles (CPM) kepada penggunanya. Sebelum mengulas lebih jauh terkait pembayaran Safelink Blogger (SB), mari bahas satu persatu beberapa fitur safelink blogger, fungsi, cara kerja dan manfaat safelink blogger.

    ReplyDelete

Popular Posts

Powered by Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. kopasindo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger